Mobil Esemka Kreatifitas Anak Bangsa


Images: Solopos
Brother sekalian sejak kemarin mobil buatan anak bangsa dari tingkatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) marak diberitakan baik dari televisi nasional ataupun media cetak. Mobil ini harus kita dukung menjadi mobil nasional yang sekiranya mampu diproduksi secara masal. Bukan hanya akan menyerap tenaga kerja tetapi juga melatih keahlian siswa SMK ke arah yang lebih baik. Lebih lanjut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dari pihak pengembang, pemasaran dan dari negara dalam rangka peningkatan hasil pajak.
Desain
Dari segi desain sudah sangat baik buat kelas pemula, mobil terlihat gagah dan elegan. Mobil ini memuat 7 orang penumpang dan dilihat dari ukurannya cukup panjang dibandingkan Honda CRV. Lampu depan di desain minimalis dan sederhana namun tetap nyaman dipandang. Bodi terlihat kompak , SUV ini pada beberapa detail  bagian masih terlihat kaku. Dari segi interior setir pengemudi nampak sederhana dibalut warna coklat kehitaman, dashboard terlihat tersusun rapi serta dilengkapi DVD player dan AC dual zone. Secara garis besar desain sudah bagus dari depan, nampak samping ataupun bagian belakang.
Mesin
Mesin kabarnya mengadopsi dari mobil timor yang berteknologi DOHC (Dual Overhead Camshaft). Esemka dapat mengeluarkan tenaga hingga 105 Dk (5.500 Rpm) dan torsi hingga 145 Nm (4.100 Rpm) nampaknya tak jauh beda dengan Toyota Rush.
Mobil ini layak di produksi secara masal dan seharusnya didukung oleh pemerintah untuk jangka panjang bukan hanya proses produksi tetapi juga pelayanan after sales yang baik.

Facebook Comment :



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...