Fakta Dibalik F1 dan Safety Car

Salah satu faktor penting bagi penyelenggara dalam menentukan dan merencanakan strategi pada sebuah balapan adalah penyediaan safety car.  Tak heran jika dibutuhkan mobil yang mumpuni untuk menggiring mobil-mobil Formula 1 saat terjadi kecelakaan atau waktu cuaca tidak mendukung.
Di Singapura, semua elemen ini hadir bersamaan. Sejak 2008, setidaknya pada tiga balapan terjadi lima kali momen berbahaya atau yang mereka sebut sebagai caution period. Tah heran jika Mercedes-Benz SLS AMG bakal sering banyak bertugas mengawal balapan.
Balapan Mana Yang Paling Banyak Menggunakan Safety Car?
Selama lebih dari satu dekade terakhir, Safety Car paling sering keluar saat digelarnya balapan F1 di Singapura dan Korea. GP Singapura sendiri safety car keluar di tiga gelaran GP dengan total 20 lap. Bahkan, Fernando Alonso dan Lewis Hamilton juga sempat berada di belakang Mercedes-Benz SLS AMG yang dibesut oleh Bernd Maylander. Selain Singapura, selama 10 tahun belakangan, safety car juga sering keluar di seri Brazil, Monaco dan Kanada.
Berapa Kali Safety Car Keluar Musim Ini?
Dari 13 seri balap yang berlangsung musim 2011, hingga saat ini baru empat balapan yang menggunakan jasa safety car – di Monaco, Kanada, Belgia dan Italia. Pada Grand Prix ini, terdapat Sembilan caution periods, termasuk lima kali di GP Canada (5.5% dari total lap). Sebagai perbandingan, di musim 201o setelah 13 seri, Safety Car beroperasi setidaknya 12 kali di tujuh Grand Prix berbeda (5.1% dari lap keseluruhan).
Berapa Lap Intervensi Safety Car Musim Ini?
Hingga saat ini, safety car telah menggiring pembalap sebanyak 49 lap atau sekitar 218.3 kilometer, yang 140 km di antaranya terjadi di GP Kanada. Lima kali Safety Car keluar atau sekitar 45.7% dari total jarak tempuh yang merupakan penggunaan Safety Car terpanjang selama kurun waktu satu dekade terakhir. Beberapa seri yang memakai jasa Safety Car terpanjang adalah GP Korea di 2010 (24 lap/217 km) dan GP Jepang (26 lap/191 km).
Di Musim Balap Apa Safety Car Sering Dipakai Dalam Satu Dekade Terakhir?
Sejak musim balap 2001, Safety Car telah keluar sejauh 2..500 km atau setara dengan jarak tempuh delapan seri balap. Di 75 balapan, Safety Car digunakan hingga 510 putaran sebanyak 117 kali.  Sementara Mercedes-Benz SLS  AMG telah memimpin total 87 lap sejauh 452.3 km atau sama dengan jarak tempuh satu setengah kali balapan.
Di Musim Apa Safety Car Paling Jarang Keluar?
Pengoperasian Safety Car paling sedikit terjadi pada musim 2001 dan 2002. Di kedua musim balap tersebut, Safety Car hanya digunakan sebanyak 5 kali. Dari sekitar 2.6% caution period, menurun hingga 2.3% di tahun berikutnya.

Facebook Comment :



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...