[TIPS & TRIK] Cara Membuat GampSMS Jalan Otomatis (Auto Start Service)

Selama ini jika Anda ingin menjalankan GampSMS, mungkin Anda melakukannya secara manual yaitu dengan membuka browser Chrome, lalu ketikkan URL nya http://localhost/gampsms dan jalankan service dengan mengklik tombolnya. Nah… bagaimana jika ingin GampSMS ini jalan otomatis begitu komputer dihidupkan, atau jika jaringan listrik di tempat Anda tidak stabil (sering mati) dan Anda ingin agar GampSMS ini otomatis jalan ketika listrik PLN nyala kembali tanpa campur tangan Anda langsung?
Tidak usah khawatir, karena GampSMS ini bisa diset secara otomatis pada 2 keadaan di atas.
Untuk mensetting supaya GampSMS ini otomatis berjalan ketika komputer dihidupkan, pastikan Anda sudah mengaktifkan ‘Auto Start Service‘ pada konfigurasi GampSMS nya dengan memberi nilai 1.
GampSMS Auto Start Service
Selanjutnya, kita setting di Windows nya supaya browser Chrome otomatis membuka GampSMS ketika start up. Caranya adalah buka Windows Explorer, lalu masuk ke direktori C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup. Kemudian buatlah Shortcut baru dengan mengklik kanan mouse, pilih New – Shortcut.
GampSMS Auto Start Service
Carilah aplikasi Google Chrome yang sudah Anda install dengan mengklik tombol Browse. Setelah membrowse lokasi path Google Chrome, tambahkan parameter “http://localhost/gampsms” di belakang path nya (jangan lupa tanda petiknya). Misalkan path Google Chrome Anda ada di C:/Program Files/Chrome/chrome.exe, maka setelah ditambahkan parameter menjadi C:/Program Files/Chrome/chrome.exe “http://localhost/gampsms”.
GampSMS Auto Start Service
Tujuan dari penambahan parameter ini adalah apabila Windows nya start up, maka otomatis akan membuka GampSMS dengan browser Google Chrome.
Sampai langkah di atas, Anda sudah membuat service GampSMS berjalan otomatis ketika masuk ke Windows.
Nah.. sekarang bagaimana jika ingin service GampSMS ini berjalan otomatis setelah listrik PLN nyala kembali yang sebelumnya padam? Caranya seperti langkah di atas, plus… Anda setting di Power Management yang ada di BIOS nya. Biasanya letak setting Power Management ini ada di menu Advanced di BIOS. Pada Power Management, pilihlah ‘Power ON‘ pada option ‘Restore on AC/Power Loss‘.
GampSMS Auto Start Service
Tujuan dari setting BIOS ini adalah menghidupkan komputer setelah listrik nyala kembali.
Keterangan: tidak semua BIOS komputer mendukung setting ini, dan bisa jadi menu nya berbeda. Silakan dieksplorasi sendiri BIOS komputer Anda.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi SMS Center Anda yang menggunakan GampSMS.

Facebook Comment :



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...