Game untuk Para Penentu Kebijakan Strategis



 

Peneliti asal Queen’s University Belfast mengembangkan sebuah prototipe yang bisa digunakan pada game komputer. Nantinya, prototipe ini bisa dibuat menjadi perangkat e-learning atau alat pelatihan bagi para profesional di berbagai bidang pekerjaan.

Awalnya, tim tersebut ingin mengetahui apakah orang bisa dilatih agar bisa lebih baik saat membuat keputusan. Caranya dengan meningkatkan kemampuan mereka untuk mengenali dan memanfaatkan pendapat subyektif dan bias mereka.

Selain itu orang juga dilatih untuk menghitung faktor lain secara akurat terhadap ketidakpastian yang akan muncul sebagai hasil dari keputusan yang dibuat.

Prototipe game ini juga akan mengajarkan pada peserta untuk memperhitungkan ketidakpastian dan belajar dari pengalaman saat berhadapi dengan pilihan-pilihan sederhana.

“Apakah pilihan yang dihadapi adalah sederhana atau kompleks, pengetahuan tentang ketidakpastian dan bias kita bisa meningkatkan kualitas pembuatan keputusan kita,” kata David Newman, ketua tim peneliti, seperti dikutip dari Medindia, 25 Januari 2011.

Kami yakin, kata Newman, ada potensi luar biasa yang bisa didapat oleh manusia melalui game komputer. “Game-game seperti ini bisa digunakan baik untuk tujuan pendidikan atau hiburan oleh para pemegang keputusan di sektor pemerintah atau swasta dan oleh individu untuk meningkatkan kemampuan pembuatan keputusan mereka,” ucapnya.

Menurut Jyldyz Tabyldy kyzy, salah satu anggota tim proyek pengembangan game tersebut, game yang sedang dibuat merupakan perangkat penelitian yang memungkinkan peneliti mengetahui lebih banyak seputar proses pemikiran dan mekanismo psikologis yang terlibat dalam pembuatan keputusan.

Saat ini, hasilnya sedang diuji coba untuk menentukan sejauh mana game itu telah mengajari orang-orang untuk membuat keputusan dengan lebih baik. (hs)•

VIVAnews

Facebook Comment :



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...